You are here
Home > Programming > Android > Tutorial CRUD SQLite Android (II) : Membuat Fungsi Create Data

Tutorial CRUD SQLite Android (II) : Membuat Fungsi Create Data

Let’s Begin

Oke, sekarang buka kembali project Aplikasi Inventaris kalian. Di pertemuan sebelumnya kita sudah membuat kelas Barang.java yang berfungsi sebagai Model objek barang, dan kelas DBHelper.java yang berfungsi untuk mempermudah aplikasi dalam membuat dan mengakses database. Sekarang untuk kelanjutannya, kita akan membuat sebuah kelas yang berfungsi untuk insert data atau create data. Kelas ini berfungsi untuk menambahkan data barang baru ke database. Dan inilah daftar file-file yang akan kita buat :

  • menu.xml : berfungsi untuk membuat sebuah layout main menu 
  • create_data.xml : berfungsi sebagail layout untuk tampilan input data
  • DBDataSource.java : berfungsi sebagai Controller, kelas inilah yang nantinya berguna untuk melakukan operasi-operasi pada database, termasuk operasi Create Data
  • CreateData.java : berfungsi sebagai View atau interface untuk memasukkan data

Pertama-tama, kita akan membuat kelas Menu terlebih dahulu, karena itu kita butuh file layout-nya. Buka folder res/layout pada proyek kalian, dan buat sebuah file xml baru dengan nama menu.xml Isikan kode berikut :

Yups, kali ini layout di atas menggunakan Relative Layout supaya mudah mengatur posisinya. Layout di atas hanya berisi Nama Aplikasi dan sebuah tombol untuk Tambah Data. 

Setelah itu, kita akan membuat kelas Main Menunya, buat sebuah activity class bernama Menu.java

Kelas ini berfungsi untuk menampilkan tombol “Tambah Data”, yang apabila kita klik akan berpindah ke Activity Create Data. Karena kelas Create Data nya belum ada, selanjutnya kita akan membuat kelas tersebut. Namun kita akan membuat file xml layout-nya terlebih dahulu, yang bernama create_data.xml :

Layout di atas berisi EditText yang berfungsi sebagai wadah inputan tiga buah informasi dasar, yaitu nama barang, merk barang dan harga barang, dan sebuah tombol submit di bawahnya. Setelah itu, kita akan buat Activity CreateData. Aktivitas ini berfungsi sebagai View dalam paradigma Model-View-Controller yang kita gunakan. Atau dengan kata lain kelas ini menyediakan sebuah interface untuk menambahkan barang. Langsung saja kita buat kelas baru bernama CreateData.java

Nah, sekarang kita sudah membuat sebuah interface/antar muka untuk menginputkan data. Yang kita perlukan sekarang adalah sebuah Controller yang akan menyambungkan interface tersebut dengan database yang kita buat. Jika kalian copy pastekan kode di atas akan ada error, tapi biarkan saja. Karena error tersebut disebabkan oleh kelas kontroler DBDataSource yang belum kita buat. Salah satu error yang muncul adalah pada bagian inisialiasi DBDataSource seperti berikut :

Oke, langsung kita buat saja file baru bernama DBDataSource.java. Kodenya seperti berikut :

Untuk penjelasan tiap baris kodenya, bisa dibaca pada komentar-komentar yang ada di atas. Adapun cara kerjanya sebagai berikut, pertama-tama kita kembali ke kelas CreateData.java. Apabila kita telah mengisi data barang dan mengklik tombol submit, data barang tersebut akan dilempar ke Controller. Kemudian kontroler akan menerima inputan data barang tersebut dan memasangkannya sesuai dengan nama kolom pada database menggunakan ContentValues. Untuk selanjutnya dimasukkan ke database.

Setelah dimasukkan, data akan dicek kembali menggunakan SQL select yang mengembalikan data berupa Cursor. Data kursor tersebut kemudian akan diubah menjadi objek barang, dan dilemparkan lagi ke kelas CreateData untuk kemudian mengkonfirmasikan data apa saja yang barusan kita masukkan.

Yang terakhir, kita akan memodifikasi Android Manifest. Kita pindahkan intent filter launcher nya ke Activity Menu supaya aktivitas tersebut yang dijalankan pertama kali apabila aplikasi dibuka.

Untuk Create Data selesai. 🙂 Lanjut di tutorial berikutnya.

Leave a Reply

Top