You are here
Home > Programming > Android > Android SQLite Database CRUD Tutorial (IV) : Membuat Fungsi Update Data

Android SQLite Database CRUD Tutorial (IV) : Membuat Fungsi Update Data

Oke, sekarang kita sampai pada bagian ke empat tutorial CRUD pada database SQLite Android. Pada bagian keempat ini, kita akan melanjutkan pembuatan aplikasi inventaris barang pada Android menggunakan database SQLite dengan menlanjutkan belajar tentang bagaimana membuat fungsi edit/update data untuk mengedit data yang sudah dimasukkan ke dalam database SQLite.

 

Membuat Fitur Edit/Update Data pada SQLite Android

Sip, kita langsung saja. Fitur Update/Edit data ini dijalankan dengan pertama-tama melakukan long click item pada list view data. Yang kemudian akan memunculkan dialog dan kita bisa memilih untuk Edit data. Pertama-tama kita harus menambahkan dua buah method baru pada kelas controller yaitu kelas DBDataSource.java. Yaitu method untuk select data, dan yang kedua adalah method untuk update data.

Tambahkan method getBarang() berikut ini pada DBDataSource.java :

Method itu akan mengambil satu barang berdasarkan id barang yang kita definisikan. Dan data yang sudah diambil itulah yang nantinya akan diedit.

Kemudian ini adalah method untuk update data, tambahkan juga pada DBDataSource.java

Dan inilah kelas lengkap DBSource.java setelah modifikasi :

Membuat View untuk edit data

Oke, setelah method pada kontroller ditambah. Sekarang kita akan membuat view untuk edit data. View tersebut mempunyai layout berupa tiga buah edit text untuk menampilkan data nama, merk dan harga barang. Kemudian dua buah tombol untuk save data yang sudah di-update dan tombol cancel.

Oiya, seperti biasa pertama-tama kita harus menambahkan beberapa resource string. Masukkan kode berikut pada res/values/string.xml. 

Setelah itu, kita buat layout file baru bernama edit_data.xml. File ini adalah layout untuk Edit View. Tambahkan kode berikut pada edit_data.xml.

Update kelas View Data

Sip, jika sudah, kita sekarang akan mengupdate kelas ViewData.java. Kita akan menambahkan method OnItemLongClickListener pada item di ListView. Suapaya apabila kita melakukan long click/klik yang panjang, akan ada dialog muncul. Oiya, sebelumnya kita akan membuat layout untuk dialog terlebih dahulu. Buat sebuah file xml baru bernama dialog_view.xml. Kemudian copy pastekan kode berikut.

Kemudian, buka file ViewData.xml dan ganti dengan kode berikut

Oke, dari kode di atas kita bisa lihat bahwa sebagian besar perubahan ada pada fungsi untuk mengeset OnClickListener pada item di listview. Jadi cara kerjanya, apabila list item diklik dan kemudian ditahan klik itu (long click), nanti akan muncul alert dialog yang memberikan pilihan kepada kita. Apakah ingin delete data, atau edit data. Apabila kita mengklik tombol edit data, maka kita akan dibawa ke activity untuk edit data. 🙂

Membuat Activity Class EditData.java

Kita hampir selesai. 😀 Karena kita sudah membuat layout xml untuk edit data, sekarang kita akan membuat activity-nya. Buat file java baru bernama EditData.java. Kemudian copy pastekan kode berikut :

Activity EditData.java pada dasarnya berfungsi untuk mengambil data barang yang mau diedit, seperti nama, merk, dan harga. Untuk kemudian data tersebut ditempatkan pada field EditText supaya bisa kita ganti. Setelah selesai, maka kita mengklik tombol Save dan kemudian activity akan memanggil method updateBarang() pada kontroller, yang akan melakukan update data lewat SQL Query.

Tambah activity EditData.java ke Android Manifest

Yang terakhir adalah menambahkan activity EditData di atas ke Android Manifest. Buka file AndroidManifest.xml dan copy pastekan kode berikut.

DONE!! Untuk Edit atau Update Data sudah selesai!!

Leave a Reply

Top